Category: Advertising

  • Langkah Komunikasi Dalam Strategi Kampanye Periklanan

    Pada tahapan strategi kreatif selalu ada tuntutan sejauh mana perancangan dapat diukur efektifitasnya. Istilah efektifitas akan merujuk pada proses pengukuran yang akurat serta dapat dipertanggungjawabkan. Karena persaingan yang sangat ketat saat ini, klien akan menuntut pemanfaatan budget yang maksimal, walau bukan selalu dalam artian menekan biaya serendah-rendahnya. Namun sederhananya efektifitas adalah mengukur apa yang direncanakan…

  • Brand[ing] Antara Menjual Fitur, Benefit atau Value

    Brand[ing] Antara Menjual Fitur, Benefit atau Value

    Seperti yang pernah dijelaskan sebelumnya, kekuatan produk ada pada kualitasnya. Konsumen akan melakukan pembelian ulang, dalam jangka panjang, dikarenakan kualitas produknya. Pembelian ulang menjadi penting karena hal inilah bisnis bisa berjalan. Jadi penting membuat framework di kepala perancang brand, iklan atau pelaku komunikasi pemasaran, bahwa konsumen membeli (ulang) produk bukanlah karena canggihnya strategi branding, kualitas…

  • Citra & Visual Brand Design

    Citra sebagai efek dari komunikasi visual sudah menjadi perhatian para ahli komunikasi, kebudayaan, sosial-humaniora, maupun piskologi. Citra sebagai pola alami cara manusia berinteraksi secara efektif dimanfaatkan dalam berbagai bentuk-bentuk ungkapan (visual) seperti simbol, mitologi, ikon, dan lain sebagainya. Hal ini yang mendasari tulisan ini dimana perencanaan visual branding bukanlah sekedar pelengkap dari sebuah strategi branding,…

  • Strategi Pesan Hardsells & Softsells

    Strategi Pesan Hardsells & Softsells

    Antara Otak Kiri atau Otak Kanan Para peneliti otak di dunia (neuroscience) meyakini bahwa manusia menggunakan dua bagian otaknya dalam berfikir maupun bertindak, otak kiri dan otak kanan. Roger Sperry (1913-1994) merupakan seorang neuropsikolog yang menemukan bahwa otak manusia terdiri atas dua bagian. Belahan otak bagian kanan mengontrol otot-otot di bagian kiri tubuh, begitupun sebaliknya,…

  • Iklan Sebagai Komunikasi (Persuasif)

    Iklan Sebagai Komunikasi (Persuasif)

    by Ilhamsyah Kemampuan berkomunikasi manusia menjadikannya sebagai mahluk yang berbeda dengan ciptaan-ciptaan Tuhan lainnya. Kemampuan manusia dalam mengembangkan sistem komunikasi mereka, menjadikannya sebagai khalifah di muka bumi ini. Komunikasi jika dilihat asal katanya berasal dari kata Latin “communis” yang artinya “sama”. Merupakan istilah yang paling sering dianggap sebagai asal-usul kata komunikasi. Komunikasi mengarahkan suatu pikiran,…

  • Branding & Promotion

    by Ilhamsyah Perdebatan batasan antara proses Branding dan Promotion (Marketing) dalam berbagai postingan tampak masih berlangsung. Terdapat dua pemahaman besar yang dapat ditarik secara umum, yaitu menempatkan brand lebih besar dari promosi, sehingga promosi dianggap sebagai bagian dari seluruh proses komunikasinya, atau biasa disebut sebagai brand communication. Sedangkan disisi lain ada yang menganggap brand atau…

  • Evolusi Komunikasi Periklanan

    by Ilhamsyah Bila dilihat dari sejarah perjalanan dan pengertian periklanan, menunjukan iklan hadir karena masyarakat perlu dibujuk akibat persaingan produk yang semakin ketat. Untuk dapat membaca ulang periklanan secara utuh, kita bisa melihat perjalanan periklanan yang mengalami perubahan seiring perubahan teknologi dari masa ke masa. Untuk ringkasnya peneliti mengutip apa yang ditulis oleh beberapa pakar…

  • Pemenang Cannes Desain Grand Prix Kaburkan Kesenjangan Analog-Digital

    Pemenang Cannes Desain Grand Prix Kaburkan Kesenjangan Analog-Digital

    Kampanye Unik Panasonic Battery meraih gelar kehormatan Pemenang Grand Prix Cannes Lions dalam kategori Desain dan Desain Produk mencerminkan kaburnya garis antara digital dan dunia analog. Dalam kategori Desain, juri memberikan hadiah utama untuk “Life Is Electricity” untuk kampanye baterai Panasonic, karya Dentsu Inc. Tokyo. Masuk ke dalam kategori “Collateral Brand,” berupa video iklan berseri dengan…

  • Vitaminwater (by Coca-cola) Setuju Menghilangkan Klaim Kesehatan Pada Produknya

    Seperti yang diwartakan di laman Adage.com, Coca-cola Company setuju menghilangkan klaim kesehatan pada lini produknya “Vitaminwater” karena gugatan yang dilakukan oleh The Center for Science in the Public Interest (CSPI) Amerika pada tahun 2009. Gugatan tersebut berkaitan dengan penggunaan istilah-istilah kesehatan seperti “fokus” dan “Daya Tahan (tubuh)” yang dianggap menipu konsumen. Perjanjian penyelesaian, yang telah diajukan di…

  • Komunikasi Dengan TA (target audiens), Komunikasi Dengan Hati

    by Ilhamsyah Seorang komunikator yang baik adalah yang dapat memahami lawan bicaranya, sehingga yang diajak bicara merasa nyaman dan tertarik pada isi komunikasi yang disampaikannya. Lebih jauh akan menyenangkan bila terjadi dialog yang aktif dalam pembicaraannya, dan lawan bicara tersebut merasa memiliki peran dalam hal yang dibicarakan tersebut. Bahkan akan lebih baik jika dalam dialog…