Pemenang Cannes Desain Grand Prix Kaburkan Kesenjangan Analog-Digital


Kampanye Unik Panasonic Battery meraih gelar kehormatan

Pemenang Grand Prix Cannes Lions dalam kategori Desain dan Desain Produk mencerminkan kaburnya garis antara digital dan dunia analog.

Dalam kategori Desain, juri memberikan hadiah utama untuk “Life Is Electricity” untuk kampanye baterai Panasonic, karya Dentsu Inc. Tokyo. Masuk ke dalam kategori “Collateral Brand,” berupa video iklan berseri dengan gaya bertanya, “Is it possible to ‘see’ electricity?” Dalam kampanye tersebut mereka menggambarkan jumlah energi yang terkandung dalam baterai Panasonic tunggal dengan cara yang unik dan tidak umum – dengan menunjukkan berapa banyak daya yang terkirim oleh hamster saat bergerak dalam roda bermainnya. Dalam video tersebut tampak gerakan roda bermain hamster dimanfaatkan untuk mengisi ulang baterai Panasonic tunggal. Hal itu pula terjadi dalam seri iklan yang lainnya yaitu pemandu sorak, anak-anak yang sedang bermain, dll.

“Bagi kita semua sangat istimewa karena berhasil, melalui kekuatan desain, untuk mengubah persepsi produk yang telah menjadi komoditas dengan membawa cerita untuk setiap ruang di mana merek bersentuhan dengan konsumen (point of contact),” ungkap Juri Presiden Tristan Macherel, executive creative director di Landor France. “Ini berhasil menggabungkan kedua hal kecerdasan dan craft yang indah, kita harus meyakini ini yang harus desain lakukan saat ini.”

Kampanye tersebut menggerakan cara pandang juri pada sebuah titik terang baru. “Kita semua mulai berpikir, ‘Berapa banyak listrik yang saya buat ketika saya melakukan ini?’ Kita semua jatuh cinta dengan kampanye itu. Kami memilih dengan hati kita, dan pikiran kita. “

Dikutip dan diterjemahkan dari laman Adage.com

Tautan: http://adage.com/article/special-report-cannes-lions/cannes-design-category-grand-prix-winners-blur-divide-analog-digital-worlds/304610/


Discover more from Cre_art_ivity

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading