Category: Brand Communication

  • Brand[ing] Antara Menjual Fitur, Benefit atau Value

    Brand[ing] Antara Menjual Fitur, Benefit atau Value

    Seperti yang pernah dijelaskan sebelumnya, kekuatan produk ada pada kualitasnya. Konsumen akan melakukan pembelian ulang, dalam jangka panjang, dikarenakan kualitas produknya. Pembelian ulang menjadi penting karena hal inilah bisnis bisa berjalan. Jadi penting membuat framework di kepala perancang brand, iklan atau pelaku komunikasi pemasaran, bahwa konsumen membeli (ulang) produk bukanlah karena canggihnya strategi branding, kualitas…

  • Vitaminwater (by Coca-cola) Setuju Menghilangkan Klaim Kesehatan Pada Produknya

    Seperti yang diwartakan di laman Adage.com, Coca-cola Company setuju menghilangkan klaim kesehatan pada lini produknya “Vitaminwater” karena gugatan yang dilakukan oleh The Center for Science in the Public Interest (CSPI) Amerika pada tahun 2009. Gugatan tersebut berkaitan dengan penggunaan istilah-istilah kesehatan seperti “fokus” dan “Daya Tahan (tubuh)” yang dianggap menipu konsumen. Perjanjian penyelesaian, yang telah diajukan di…

  • Komunikasi Dengan TA (target audiens), Komunikasi Dengan Hati

    by Ilhamsyah Seorang komunikator yang baik adalah yang dapat memahami lawan bicaranya, sehingga yang diajak bicara merasa nyaman dan tertarik pada isi komunikasi yang disampaikannya. Lebih jauh akan menyenangkan bila terjadi dialog yang aktif dalam pembicaraannya, dan lawan bicara tersebut merasa memiliki peran dalam hal yang dibicarakan tersebut. Bahkan akan lebih baik jika dalam dialog…

  • Brand(ing) & UMK

    Telah banyak buku yang menjelaskan terminologi ini, dari yang bercerita brand building, integrated brand promotion, hingga yang mutakhir anti branding. Namun penulis dalam bagian ini ingin bercerita pengalaman empiris, yang didukung oleh beberapa teori branding, bagaimana posisi produk, brand, dan iklan sebenarnya. Dalam sebuah acara talkshow bincang bisnis kreatif di sebuah radio di Bandung, Saya…

  • Produk, Brand dan Konsumen Kini

    Sebuah pembicaraan menarik dengan Deidy Vansophy, Owner FastComm sekaligus tema seperjuangan di STISI Bandung dahulu, mengenai tiga hal yang berkaitan dengan apa yang bisa diekspos (dijual) oleh sebuah produk dalam kampanye periklanan. Tiga hal tersebut terdiri dari: Brand, Kekuatan Product, dan Gimmick. Dalam penuturannya bila sebuah objek jual memiliki brand yang kuat fokuslah dengan mengekspos…